Notification

×

Iklan

Iklan

Wakil Presiden Mahasiswa BEM UMGO Ikuti Penguatan Moderasi Beragama

30/07/24 | 16:01 WIB Last Updated 2024-07-30T09:01:49Z



semestanews.id - Dalam rangka penguatan Moderasi Beragama bagi Mahasiswa Islam pada Perguruan Tinggi Umum, Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akan menyelenggarakan kegiatan Program Penguatan MBBN Mahasiswa Islam pada PTU yang dilaksanakan pada Rabu – Kamis, 24-25 Juli 2024 bertempat di Gammara Hotel Makassar, Sulawesi Selatan.


Pada kesempatan kali ini, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) khususnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) turut berpartisipasi dengan mengirimkan kader terbaiknya yakni Kelvin Dumalangi guna menyukseskan acara tersebut.


Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Dr. M. Munir, S.Ag., M.A., mengatakan pentingnya peran generasi muda dalam menjaga keutuhan bangsa dan mempromosikan nilai-nilai moderasi beragama.


“Mahasiswa sebagai agen perubahan harus mampu membawa pesan damai dan toleransi di tengah masyarakat yang majemuk,” tandasnya.


Kelvin Dumalangi sebagai peserta kegiatan tersebut yang juga Wakil Presiden BEM UMGO mengatakan ada beragam kegiatan yang diikutinya mulai dari menerima materi dari para ahli sampai praktisi diskusi bersama narasumber dan sesama peserta dari berbagai PT di Sulawesi.


“Adapun tujuan dari pada kegiatan ini yaitu bagaimana kita mampu dalam memperkuat dan mengembalikan ajaran agama ke jalan yang lebih tepat dan ini merupakan masalah yamg bukan hanya dirasakan oleh umat beragama yang ada di Indonesia saja tetapi di luar Indonesia pun merasakan problem yang sama. Kegiatan yang diikuti berupa materi-materi yang disampaikan oleh narasumber dari kementrian agama, kemudian diskusi dengan teman-teman dari berbagai kampus di Sulawesi untuk bagaimana menyatukan persepsi terkait materi moderasi beragama,” Jelas Kelvin.


Dari kegiatan tersebut, ia berharap bisa menambah pengalaman dan wawasan terkait dengan moderasi beragama. Dan yang ke dua semoga kegiatan ini tidak hanya seremonial semata tetapi bagaimana para peserta bisa mengimplementasi ilmu yang didapat ke diri sendiri dan lingkungan sekitar.


Dalam momentum tersebut juga Kevin dinobatkan sebagai Ketua Pergerakan Mahasiswa Moderasi Beragama dan Bela Negara (PMMBN) Indonesia Wilayah Gorontalo.


“Alhamdulillah selain kegiatan penguatan moderasi beragama dan bela negara pada perguruan tinggi umum ada juga serangkaian kegiatan di akhir yaitu pembentukan pengurus wilayah di tiap-tiap wilayah, Alhamdulillah saya sebagai utusan kampus universitas Muhammadiyah Gorontalo terpilih menjadi ketua pergerakan mahasiswa moderasi beragama dan bela negara Indonesia wilayah Gorontalo atau yang lebih di kenal dengan PMMBN,” Ungkapnya.


Untuk itu langkah selanjutnya yang akan ia lakukan yaitu mensosialisasikan terkait dengan organisasi tersebut di kalangan mahasiswa dan mahasiswi kemudian membentuk Komisariat pada perguruan tinggi umum karna berhubung organisasi ini baru didirikan pada tanggal 8 Oktober 2021 di Surabaya, dan yang pertama terbentuk kepengurusan kurang lebih baru pulau Jawa pada saat itu, sehingga di Gorontalo atau pun Sulawesi ini merupakan kepengurusan wilayah atau pun komisariat pertama. (EI)

×
Berita Terbaru Update