Notification

×

Iklan

Iklan

UMGO Perguruan Tinggi Tercepat Dalam Membuka Kedokteran

31/10/23 | 06:06 WIB Last Updated 2023-11-11T23:15:49Z

Penyerahan SK Mendikbud Ristek oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XVI GOSULUTTENG kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (Sumber: Humas UMGO)


semestanews.id - Kepala LLDIKTI Wilayah XVI GOSULUTTENG, Munawir Sadzali Razak,S.Ip. M.A., menyerahkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang izin pembukaan Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) di Gedung Indoor David Bobihoe Akib, Selasa (31/10/23).

Munawir, memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat kepada Universitas Muhammadiyah Gorontalo yang telah berhasil memperoleh izin pembukaan program studi kedokteran ia menilai UMGO adalah PT yang tercepat proses Pembukaan Prodi Kedokteran.

“Untuk dapat izin pembukaan prodi ini tidak mudah. Mencari dosen dengan kompetensi sesuai persyaratan sangatlah sulit namun berkat usaha Rektor dan Tim Task Force Kedokteran UMGO dalam waktu singkat berhasil membuka prodi Kedokteran. Selamat kepada UMGO, kalau sudah ada prodi kedokteran, perguruan tinggi menjadi sangat bergengsi.  Semoga semakin banyak dokter-dokter kita yang akan berkiprah menjalankan profesinya sebagai salah satu ibadah untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat Sumut,” kata Edy Rahmayadi, dalam sambutannya.

Selanjutnya, Kepala LLDIKTI Wilayah XVI menyampaikan bahwa penyerahan SK dapat dilaksanakan atas kerja sama yang baik antara pimpinan perguruan tinggi dengan LLDIKTI Wilayah X dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi.

“Kegiatan penyerahan SK ini bisa terlaksana karena jalinan kerja sama dan komunikasi yang harmonis sebagai bentuk fasilitasi LLDIKTI Wilayah XVI dalam melayani Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di wilayah kerja kami. Saya rasa ini kebahagiaan bagi kita semua tidak hanya bagi UMGO, majelis dikti dan persyarikatan tetapi bagi kita di LLDikti karena selama saya menjabat di LLDikti ini pertama kali mendampingi PT membuka Kedokteran dan UMGO adalah PTS pertama di Gorontalo yang berhasil membuka prodi Kedokteran,” ungkapnya.

Lanjut Munawir, Rektor UMGO begitu cekatan dalam hal membangun koordinasi untuk membuka prodi Kedokteran. Melihat kesiapan UMGO tersebut maka pihak tidak menunggu waktu lama untuk memberikan  rekomendasi membuka Kedokteran.

“Setelah melewati beberapa proses dan kurang lebih satu bulan setelah dilaksanakan visitasi terbitlah SK Menteri Pendidikan terkait pembukaan Prodi Kedokteran UMGO pada tanggal 17 Oktober 2023. Ini bukti bahwa kementerian sangat membantu PT dalam memberikan izin pembukaan prodi Kedokteran dengan catatan semua syarat sudah terpenuhi.

Tentu dengan kehadiran prodi Kedokteran UMGO ia berharap mengatasi kekurangan dokter, apalagi Kedokteran UMGO berfokus pada bidang gizi ibu dan anak yang dapat menjawab permasalahan stunting yang cukup tinggi di Provinsi Gorontalo.

“Harapan kita prodi Kedokteran UMGO dapat menjawab persoalan atau tantangan yang ada di Gorontalo khususnya dalam bidang Kesehatan dan bisa mempercepat UMGO untuk menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di Provinsi Gorontalo. Pesan kami untuk pak Rektor prodi ini dikelola dengan baik, terakir saya ingin berterima kasih kepada persyarakitan Muhammadiyah atas sumbangsi yang luar biasa kepada seluruh lapisan masyarakat kita ketahui kiprah Muhammadiyah dalam memajukan dunia pendidikan amat besar,” tandasnya.

Kemudian, Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong dalam sambutannya mengatakan bahwa pendidikan dokter bukan hanya untuk kelompok elit saja. Ia menekankan pentingnya menjaga kualitas pendidikan dokter agar lulusan tetap kompeten dan melakukan tindakan secara tepat.

“Pendidikan kesehatan ini menyangkut hajat hidup orang banyak, maka kualitasnya harus dijaga. Maka dengan turunnya SK Fakultas Kedokteran di Bulan Oktober ini adalah suatu keberkahan bagi UMGO. Maka Insha Allah dengan hadirnga Prodi Kedokteran UMGO dapat terus berkontribusi dalam membagun pendidikan, kesehatan dan ekonomi daerah,” harapnya.

Terakhir, Penjabat Gubernur Gorontalo Ir. Ismail Pakaya, M.E., yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki saat membacakan sambutan Penjagub  mengatakan atas nama pemerintah Provinsi Gorontalo tentu  sangat mendukung kehadiran prodi Kedokteran UMGO.

“Kehadiran Perguruan Tinggi sangat membantu pemerintah dalam menciptakan Sumber Daya Manusia dan pemerintah akan terdepan dalam membantu mencetak SDM Unggul di Provinsi Gorontalo. Semoga Prodi Kedokteran UMGO dapat menghasilkan dokter-dokter yang kompoten dalam bidangnya dan menjadi Prodi yang terdepan di Provinsi Gorontalo,” Harapnya.

×
Berita Terbaru Update