Notification

×

Iklan

Iklan

Perdana! LLDIKTI XVI Gelar Event Nasional Sosialisasi Kepsesjen Tentang Penyesuaian Sistem Kerja dan Reviu POS AP LLDIKTI

25/07/23 | 19:36 WIB Last Updated 2023-07-25T12:38:54Z


semestanews.id- LLDIKTI Wilayah XVI melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kepsesjen Tentang Penyesuaian Sistem Kerja dan Reviu Prosedur Operasional Standar Administrasi Pemerintahan (POS AP) LLDIKTI, yang berlangsung selama tiga hari yakni Senin-Rabu (24 - 26 Juli 2023) bertempat di Hotel Grand Quality, Kota Gorontalo. 


Hadir pula Kepala LLDIKTI Wilayah XVI, Munawir Sadzali Razak dan jajaran, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kemenristekdikti, Reny Parlina, M.Pd., Koordinator Hukum, Tata Laksana dan Kepegawaian Ditjen Dikti Kemdibudristek, Suwitno, serta seluruh peserta sosialisasi perwakilan dari setiap LLDIKTI Dari 1 sampai XV.


Pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mengenai sistem kerja dan POS AP LLDIKTI, dimana LLDIKTI Wilayah XVI sebagai LLDIKTI yang terbilang baru dan masih membutuhkan saran dan sharing pengalaman dari LLDIKTI yang lebih senior. 


Munawir Sadzali Razak selaku Kepala LLDIKTI Wilayah XVI dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini selain untuk penyesuaian sistem kerja yang ada di LLDIKTI untuk meninjau kembali POS AP sesuai dengan perubahan organisasi dan tata kerja di LLDIKTI Wilayah XVI. 


"POS AP merupakan standar operasional dari berbagai proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adanya kegiatan review dokumen POS AP ini sangatlah penting, kita jadi tahu kekurangan POS AP yang kita punya dan hasil reviu akan ditindaklanjuti dengan memperbaiki secara signifikan dalam perbaikan dokumen POS AP dan penambahan POS AP yg belum ada sehingga dapat diterapkan pada unit kerja masing-masing dan mendapatkan hasil evaluasi yang lebih baik,” paparnya.


Munawir juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran dari perwakilan LLDIKTI wilayah I-XV dalam event nasional perdana yang dilakukan oleh LLDIKTI XVI. 


"Ini adalah kunjungan pertama dari teman-teman lldikti terakhir pertemuan koordinasi antar Kalem dan Sespel tahun 2019, untuk Gorontalo belum ada kegiatan skala nasional seperti ini dan ini merupakan pertama kali diadakan oleh lldikti wilayah XVI. Sebagai lldikti yang paling bungsu kami menyadari masih banyak kekurangan sehingga kami berharap bisa kami menutupi kekurangan itu dengan belajar bersama Bapak/Ibu sekalian," harapnya. 


Kemudian, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kemenristekdikti, Reny Parlina, M.Pd., saat membuka kegiatan menyampaikan kegiatan reviu dokumen POS AP ini bertujuan untuk melakukan pendampingan secara langsung kepada seluruh Akademi Komunitas Negeri, agar unit kerja dapat melakukan perbaikan terhadap dokumen dan penerapan POS AP di unit kerja masing-masing berjalan efektif dan efisien. 


"Instrumen yang terkait dengan penilaian terhadap kelengkapan dokumen POS AP adalah format dokumen POS AP harus sesuai dengan PermenPANRB No. 35 Tahun 2012, dokumen POS AP terdiri dari bagian identitas dan bagian flowcharts yang harus dilengkapi dan sesuai dengan kondisi terkini, dokumen POS AP telah ditetapkan oleh Kepala Unit Kerja, dan dokumen POS AP yang telah disusun oleh unit kerja harus sesuai dengan tugas dan fungsi. Reviu dokumen POS AP merupakan tindak lanjut dari hasil evaluasi dan upaya yang dilakukan bersama-sama mengetahui sebab permasalahan dalam penyusunan, penerapan dan evaluasi dari POS AP tersebut dan semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi lldikti wilayah XVI," tutupnya.


Adapun ketua panitia Hariyanto Huntua menambahkan peserta yang hadir 28 peserta dari seluruh perwakilan LLDikti Se Indonesia untuk mengikutu kegiatan selama 3 hari dari 24 - 26 Juli 2023.


 Peserta selain acara di Hotel, kami juga mendesain dengan mengunjungi tempat - tempat bersejarah seperti Wisata Religi Buboho, Hiu Paus termasuk mengunjungi kantor LLDikti XV, ini juga termasuk memperkenalkan budaya Gorontalo kepada peserta, tutupnya. (HumasUMGO)

×
Berita Terbaru Update