Notification

×

Iklan

Iklan

Ketua KADIN Indonesia: Social Enterprise Terbesar Didunia adalah Muhammadiyah

23/02/23 | 21:10 WIB Last Updated 2023-02-23T15:53:09Z

 

Ketua Kadin Indonesia ketika memaparkan materinya pada Seminar Nasional Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan (dok. TvMu) 

semestanews.id - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia M. Arsjad Rasjid P.M. ketika menyampaikan materinya dalam acara Seminar Nasonal Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah di Dome Balikpapan menyebutkan bahwa Muhammadiyah organisasi yang mampu melahirkan social enterprise terbesar didunia,

 

Sebelumnya dirinya mendorong para pemuda dimasa depan akan menjadi pengusaha dengan memberikan lapangan kerja seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia. Ia membandingkan Indonesia dengan beberapa negara di dunia yang cukup banyak melahirkan para pengusaha, sayangnya di Indonesia menurutnya masih jauh dibawah dalam hal melahirkana para pengusaha. Lebih lanjut kemudian dirinya memperkenalkan tentang social enterprise

 

"Nah pengusaha ini macam-macam. Ada yang namanya pengusaha biasa ada juga namanya yang pak Ganjar katakan, social entrepreneurship pengusaha sosial." ungkapnya.

 

Ia menjelaskan bahwa social entrepreneur atau social enterprise terbesar di dunia ternyata berada di Indonesia, yaitu organisasi Muhammadiyah yang telah melahirkan banyak amal usahanya diberbagai bidang.

 

"Social enterprise terbesar di dunia adalah Muhammadiyah. Lahirnya social enterprise juga ada dimana? di Indonesia. Kiai Ahmad Dahlan, beliau menciptakan Muhammadiyah. Karena dulu nggak ngerti aja nama kerennya hari ini social enterprise, social entrepreur, cuma dulu pikirannya gimana saya mau usaha tapi saya juga dapat sosial," tandasnya.


Ketua KADIN lebih lanjut menjelaskan bahwa dengan dibangunnya berbagai usaha seperti Rumah Sakit dan berbagai amal usaha dibidang lainnya. Ia menyebut bahwa istilah keren social enterprise sama dengan istilah yang digunakan Muhammadiyah yaitu Amal Usaha.


"Jadi sebenarnya kita harus bangga, oleh orang luar mengatakan social enterprise dan segala macam tapi lahirnya disini dan yang terbesar di dunia adalah di Indonesia yaitu Muhammadiyah." tambahnya.

×
Berita Terbaru Update